Tugas 1 : Pengatar Bisnis Informatika Artikel Perusahaan di bidang IT
TUGAS
1
PENGANTAR
BISNIS INFORMATIKA
Artikel Perusahaan di bidang IT
PT.
Telekomunikasi Indonesia, Tbk.
Latar Belakang
PT Telekomunikasi
Indonesia, Tbk. adalah penyedia layanan telekomunikasi dan jaringan terbesar di
Indonesia. TELKOM menyediakan layanan InfoComm, telepon tidak bergerak kabel
(fixed wireline) dan telepon tidak bergerak nirkabel (fixed wireless), layanan
telepon seluler, data dan internet, serta jaringan dan interkoneksi, baik
secara langsung maupun melalui anak perusahaan. Di luar layanan telekomunikasi,
Telkom juga berbisnis di bidang Multimedia berupa konten dan aplikasi,
melengkapi portofolio bisnis Perusahaan yang disebut TIMES.
Bisnis telekomunikasi
adalah fundamental platform bisnis Perusahaan yang bersifat legacy, sedangkan
portofolio bisnis lainnya disebut sebagai bisnis new wave yang mengarahkan
Perusahaan untuk terus berinovasi pada produk berbasis kreatif digital. Hal
tersebut mempertegas komitmen Telkom untuk terus meningkatkan pendapatan di
dalam situasi persaingan bisnis di industri ini yang sangat terbuka.
Dalam meningkatkan
usahanya serta memberikan proteksi yang sesuai dengan keinginan masyarakat,
PT.Telkom telah membuka kantor-kantor Cabang dan Perwakilan yang terdapat di
berbagai regional yang terdiri dari : 7 DIVRE yaitu Divre 1 Sumatera, Divre 2
Jakarta, Divre 3 Jawa Barat, Divre 4 Jawa Tengah & DI.Yogyakarta, Divre 5
Jawa Timur, Divre 6 Kalimantan, Divre 7 Kawasan Timur Indonesia.PT. Telkom Juga
mempunyai anak perusahaan seperti, Telkomsel, Telkomvision/Indonusa, Infomedia,
Graha Sarana Duta / GSD, Patrakom, Bangtelindo, PT FINNET Indonesia.
Berikut adalah beberapa layanan telekomunikasi TELKOM,
diantaranya :
Telepon
- Telepon tetap (PSTN), layanan telepon tetap yang hingga kini masih menjadi monopoli TELKOM di Indonesia.
- Telkom Flexi, layanan telepon fixed wireless CDMA
- Telkomsel, layanan telepon fixed wireless GSM
Data/Internet
- TELKOMNet Instan, layanan akses internet dial up.
- TELKOMNet Astinet, layanan akses internet berlangganan dengan fokus perusahaan.
- Speedy, layanan akses internet dengan kecepatan tinggi (broad band) menggunakan teknologi ADSL.
- e-Business (i-deal, i-manage, i-Settle, i-Xchange, TELKOMWeb Kiostron, TELKOMWeb Plazatron).
- Solusi Enterprise- INFONET.
- TELKOMLink DINAccess.
Untuk menghadapi
tantangan dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan mobilitas dankonektivitas
tanpa putus, TELKOM telah memperluas portofolio bisnisnya yang mencakup
telekomunikasi, informasi, media dan edutainment (TIME). Dengan meningkatkan
infrastruktur, memperluas teknologi Next Generation Network (NGN) dan
memobilisasi sinergi di seluruh jajaran TELKOMGroup, TELKOM dapat mewujudkan
dan memberdayakan pelanggan ritel dan korporasi dengan memberikan kualitas,
kecepatan, kehandalan dan layanan pelanggan yang lebih baik.
Profil Usaha PT. Telkom Indonesia
Perusahaan Perseroan
(Persero) PT Telekomunikasi Indonesia, merupakan Badan Usaha Milik Negara dan
penyedia layanan telekomunikasi dan jaringan terbesar di Indonesia. TELKOM
menyediakan layanan InfoComm, telepon kabel tidak bergerak (fixed wireline) dan
telepon nirkabel tidak bergerak (fixed wireless), layangan telepon seluler,
data dan internet, serta jaringan dan interkoneksi, baik secara langsung maupun
melalui anak perusahaan.
Untuk menjawab tantangan
yang terus berkembang di industri telekomunikasi dalam negeri maupun di tingkat
global, kami bertekad melakukan transformasi secara fundamental dan menyeluruh
di seluruh lini bisnis yang mencakup transformasi bisnis dan portofolio,
transformasi infrastruktur dan sistem, transformasi organisasi dan sumber daya
manusia serta transformasi budaya. Pelaksanaan transformasi ini dilakukan dalam
rangka mendukung upaya diversifikasi bisnis TELKOM dari ketergantungan pada
portofolio bisnis Legacy yang terkait dengan telekomunikasi, yakni layanan
telepon tidak bergerak (Fixed), layanan telepon seluler (Mobile), dan
Multimedia (FMM), menjadi portofolio TIME. Konsistensi kami dalam berinovasi
telah berhasil memposisikan Perusahaan sebagai salah satu perusahaan yang
berdaya saing tinggi dan unggul dalam bisnis New Wave.
Visi
Menjadi perusahaan yang
unggul dalam penyelenggaraan Telecommunication, Information, Media dan
Edutainment (TIME) di kawasan regional.
Misi
- Menyediakan layanan TIME yang berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif.
- Menjaga model pengelolaan korporasi terbaik di Indonesia.
Tujuan
Menciptakan posisi
terdepan dengan memperkokoh bisnis legency & meningkatkan bisnis new wave
untuk memperoleh 60% dari pendapatan industri pada tahun 2015.
Riwayat Telkom Grup
Perkuat Akses Telekomunikasi Nasional, Bangun Masyarakat
Digital Indonesia
Dalam perjalanan sejarahnya, Telkom telah
melalui berbagai dinamika bisnis dan melewati beberapa fase perubahan, yakni
kemunculan telepon, perubahan organisasi jawatan yang merupakan kelahiran
Telkom, tumbuhnya teknologi seluler, berkembangnya era digital, ekspansi bisnis
internasional, serta transformasi menjadi perusahaan telekomunikasi berbasis
digital.
1882 – Kemunculan Telepon
Pada 1882, kemunculan telepon menyaingi layanan
pos dan telegraf yang sebelumnya digunakan pada 1856. Hadirnya telepon membuat
masyarakat kian memilih untuk menggunakan teknologi baru ini. Kala itu, banyak
perusahaan swasta menyelenggarakan bisnis telepon. Banyaknya pemain ini membuat
industri telepon berkembang lebih cepat: pada 1892 telepon sudah digunakan
secara interlokal dan tahun 1929 terkoneksi secara internasional.
1965 – Kelahiran Telkom
Pada tahun 1961, Pemerintah Indonesia mendirikan
Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel). Namun, seiring
perkembangan pesat layanan telepon dan telex, Pemerintah Indonesia mengeluarkan
PP No. 30 tanggal 6 Juli 1965 untuk memisahkan industri pos dan telekomunikasi
dalam PN Postel: PN Pos dan Giro serta PN Telekomunikasi.
Dengan pemisahan ini, setiap
perusahaan dapat fokus untuk mengelola portofolio bisnisnya masing-masing.
Terbentuknya PN Telekomunikasi ini menjadi cikal-bakal Telkom saat ini. Sejak
tahun 2016, manajemen Telkom menetapkan tanggal 6
Juli 1965 sebagai hari lahir Telkom.
1995 – Tumbuhnya Teknologi Seluler
Distribusi dan Strategi Pemasaran
- Plaza Telkom dan GraPARI adalah outlet/lokasi yang berfungsi sebagai walk-in customer service points, di mana pelanggan dapat mengakses seluruh produk dan layanan kami. GraPARI dikhususkan untuk layanan seluler dan dikelola oleh Telkomsel Selain itu outlet seluler untuk skala kecil dengan nama GeraiHalo dikelola oleh pihak ketiga.
- Contact Center menangani pertanyaan-pertanyaan mengenai produk, layanan dan transaksi nasabah kecuali fungsi payment. Contact center kami juga mengoperasikan layanan pelanggan (telecaring) dan program telemarketing.
- Partnership Store adalah perpanjangan jalur distribusi melalui kerja sama dengan berbagai outlet pemasaran pihak ketiga seperti toko komputer, toko elektronik, bank, dan sebagainya.
- Feet on The Street adalah dealer penjualan produk kami, terutama Speedy, yang melakukan aktivitas pemasaran secara langsung melalui door-to-door, open table, pameran, demo produk dan aktivitas sejenis.
- Dealer resmi dan gerai ritel, merupakan outlet pendistribusian beragam produk telekomunikasi seperti penjualan kartu Speedy Instan, kartu langganan Flexi, paket perdana dan voucher. Dealer ini bersifat non-eksklusif dan mendapat potongan harga atas seluruh produk yang mereka terima. Outlet ritel juga termasuk outlet kerjasama antara kami, Telkomsel dan PT Pos Indonesia dan juga outlet lain seperti bank.
- Tim Account Manager, yang mengelola relasi dengan pelanggan personal dan pelanggan bisnis serta pelanggan korporat.
- Telkom Solution House (“TSH”) adalah tempat dimana pelanggan enterprise dapat memperoleh informasi mengenai beragam solusi TIMES, layanan dan produk, serta teknologi terkini
- SME Centers adalah fasilitas untuk pelanggan bisnis yang berfungsi sebagai communication center dengan dukungan fasilitas perkantoran yang canggih, sebagai community center tempat berinteraksinya pelanggan, serta sebagai commerce center terutama untuk melayani solusi e-commerce.
- Website Perusahaan merupakan wadah informasi seluruh produk dan layanan kami, baik multimedia maupun telepon, yang dapat diakses pelanggan melalui situs online korporat di https://www.telkom.co.id/sites dan http://www.telkomsel.com
Kegiatan Usaha
Berdasarkan Anggaran
Dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan Perusahaan adalah menyelenggarakan
jaringan dan layanan telekomunikasi, informatika serta optimalisasi sumber daya
Perusahaan. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas, Perusahaan menjalankan
kegiatan usaha yang meliputi:
Usaha Utama
- Merencanakan, membangun, menyediakan, mengembangkan, mengoperasikan, memasarkan atau menjual/menyewakan dan memelihara jaringan telekomunikasi dan informatika dalam arti yang seluas-luasnya dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan.
- Merencanakan, mengembangkan, menyediakan, memasarkan atau menjual dan meningkatkan layanan jasa telekomunikasi dan informatika dalam arti yang seluas-luasnya dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Usaha Penunjang
- Menyediakan layanan transaksi pembayaran dan pengiriman uang melalui jaringan telekomunikasi dan informatika.
- Menjalankan kegiatan dan usaha lain dalam rangka optimalisasi sumber daya yang dimiliki Perusahaan, antara lain pemanfaatan aset tetap dan aset bergerak, fasilitas sistem informasi, fasilitas pendidikan dan pelatihan dan fasilitas pemeliharaan dan perbaikan.
- Penjelasan mengenai produk dan layanan Perusahaan dapat dilihat pada bagian “Tinjauan Bisnis – Portofolio Bisnis”.
https://telkom.co.id/sites/about-telkom/id_ID/page/profil-dan-riwayat-singkat
https://ruthrickydc.wordpress.com/2017/10/10/artikel-perusahaan-telkom/
Komentar
Posting Komentar